RSS

Sedikit tentang Perilaku Individu

Perilaku merupakan nilai internal diri yang diperlihatkan seseorang kepada oranglain (secara eksternal), sehingga oranglain dapat memahami tingkah laku, pola piker dan watak seseorang. Apabila kemudian muncul sebuah pertanyaan bahwa “apakah lingkungan yang membentuk / lebih dominan pengaruhnya dalam perilaku seorang individu (khususnya Saya), ataukah perilaku itu lahir dari konstruk diri individu itu sendiri?”.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka perlu kiranya untuk diketahui bahwa lingkungan merupakan salah satu faktor yang turut berpengaruh dalam pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis. Lingkungan dapat pula berarti pengalaman, karena dengan lingkungan itu individu mulai mengalami dan mengecap alam sekitarnya. Manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh lingkungan itu, karena lingkungan itu senantiasa tersedia di sekitarnya.
Menurut yang Saya pahami, bahwa tiap perilaku undividu tidak akan pernah terlepas dari pengetahuan yang dimilikinya. Misalnya perilaku si A baik, maka pengetahuannya akan kebaikan itu ada, namun jika pengetahuannya tidak ia wujudkan dalam perilakunya, berarti ada pengingkaran yang ia lakukan terhadap pengetahuannya. Lingkungan ( sejarah maupun alam sekitar) hanyalah merupakan satu dari sekian banyaknya sumber pengetahuan, hanyalah satu dari sekian banyaknya tempat bagi individu untuk memperoleh sumber inspirasi bagi perilakunya. Maka dari itu, menurut Saya, yang menentukan perilaku apa yang ingin dilakukan oleh seseorang itu ditentukan oleh dirinya sendiri, “your body, your mind is your authority”. Bagaimana kemudian pengaruh keberadaan lingkungan (hal eksternal) dari diri seorang individu dalam berperilaku itu hanya merupakan refrensi – refrensi / pertimbangan – pertimbangannya untuk berperilaku. Sementara, yang menentukan itu semua tidak lain adalah hal yang sifatnya internal dalam dirinya, yakni hati dan pikirannya sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar